Tips Cara Mencuci Bantal Dengan Mudah

Sep 13 2018 21:06:18

Untuk menjaga kondisi bantal tetap bersih dan baik, sering kali Anda hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Atau jika dirasa sedikit kotor, menggebuk-gebuknya untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Namun cara-cara ini tidaklah cukup.

Bantal juga perlu dicuci, setidaknya setahun sekali. Pasalnya, selama pemakaian, bantal akan ditempeli banyak kotoran, seperti debu dan sel-sel kulit mati. ( Beli Bantal di TOKOPEDIA dan SHOPEE )

Bahkan dari waktu ke waktu, bantal juga menyerap keringat dan minyak dari kulit tubuh. Belum lagi jika lembap di bagian dalam, bantal bisa jadi ditumbuhi jamur dan bakteri.

Nah, untuk membersihkan bantal dengan cara yang tepat, beberapa langkah perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum mencucinya:

1. Periksa apakah bantal masih dalam kondisi baik. Caranya, ratakan bantal agar bahan pengisinya tidak menumpuk di satu sudut. Lipat bantal menjadi dua bagian, kemudian lepaskan. Jika bantal kembali ke bentuk semula, berarti kondisinya masih bagus. Jika tetap terlipat, bisa jadi Anda sudah perlu mengganti isiannya.

2. Pastikan jenis pengisi bantal Anda. Bahan yang berbeda, apakah lateks, memory foam, dakron, silikon, busa, atau bulu angsa, membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. ( Beli Bantal di TOKOPEDIA dan SHOPEE )

3. Periksa petunjuk perawatan yang terdapat pada label bantal. Setiap bantal pabrikan biasanya dilengkapi petunjuk untuk merawat dan mencuci sesuai bahan pengisinya.

4. Pastikan tidak ada lubang yang bisa menyebabkan isi bantal terburai keluar sewaktu dicuci. Jika ada lubang atau sobekan, tambal atau jahitlah terlebih dahulu sebelum dicuci.

Selanjutnya, Anda bisa mencuci bantal dengan tangan atau mesin cuci. Bantal berisi busa sebaiknya dicuci dengan tangan, sedangkan yang berisi dakron, silikon, atau bulu angsa dapat dicuci dengan mesin cuci. Yang penting alat yang Anda gunakan, apakah baskom atau mesin cuci, cukup besar untuk membuat bantal terendam sempurna. ( Beli Bantal di TOKOPEDIA dan SHOPEE )

Siapkan pula deterjen cair dan air hangat. Gunakan deterjen cair yang ringan dan jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak, Anda mesti membilasnya berkali-kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen. Air hangat akan membantu membunuh jamur dan bakteri.

Setelah alat dan bahan-bahan di atas siap, cucilah dengan langkah sebagai berikut:
1. Jika Anda mencuci dengan tangan, bantal cukup direndam dalam air hangat yang sudah dicampur deterjen cair selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas setidaknya tiga kali supaya sisa-sisa deterjen benar-benar hilang.

2. Jika Anda menggunakan mesin cuci, pastikan bantal terendam sepenuhnya di dalam air hangat. Atur mesin cuci pada siklus tersingkat (sekitar 10 menit) dan kecepatan putaran rendah. Setelah dicuci, bilas hingga bersih.

Selain cara mencuci, hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara mengeringkannya. Berikut ini tips mengeringkan bantal yang perlu Anda lakukan:
1. Peras bantal dengan cara menekannya. Jangan meremas sambil memelintir bantal, karena dapat mengubah bentuk aslinya.

2. Jika Anda mengeringkan bantal menggunakan pengering, Anda bisa menambahkan satu atau dua buah bola tenis ke dalam mesin pengering untuk mengurai pengisi bantal. Namun ingat, untuk bantal busa, keringkan dengan cara diangin-anginkan saja, jangan dikeringkan dengan mesin pengering!

3. Jemur bantal. Untuk bantal dakron atau silikon, guncang-guncanglah setiap satu jam agar isiannya terurai. Kemudian, balik dan taruh kembali di jemuran.

4. Pastikan bantal kering sempurna, baik bagian luar maupun dalamnya. Bantal yang masih menyisakan kelembapan akan mudah ditumbuhi jamur. ( Beli Bantal di TOKOPEDIA dan SHOPEE )